Minggu, 24 Oktober 2010

Analisa Persaingan Pada Penyelenggara Jasa Internet

Persaingan dalam keberadaannya berlangsung pada berbagai jenis. Persaingan antar merek, persaingan antar jenis produk, persaingan natar kebutuhan generik yang tercipta karena kelangkaan sumber daya dimana variasi geografis pun terjadi. Pemahaman terhadap jenis-jenis persaingan tersebut, merupakan suatu kemampuan.

Analisis persaingan bersifat dinamis. Pesaing dideskripsikan dan dianalisis, pesaing di evaluasi, serta kemudian tindakan pesaing pun diprediksi secara tepat. Yang dimaksud pesaing termasuk didalamnya pesaing baru yang berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda kehadiran. Analisis persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus dan memerlukan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis pesaing dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing.Untuk kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing. Setiap teknik yang telah dikemukakan, tampak didalamnya mengandung unsur titik kedinamisan

Analisis tersebut dapat kita contohkan kepada 2 provider ISP yang sebelumnya telah saya tulis. Kita dapat lihat perbandingan dan persaingan dari pada kedua penyelenggara jasa internet tersebut. Kita misalkan pada ISP A yang baru saja di bentuk perusahaannya di bandingkan oleh ISP B yang sudah lama dan memiliki cabang yang banyak hingga hampir seluruh daerah. Pada ISP A yang baru saja meranjak dan memulai karir harus banyak lebih mengembangkan relasi diluar dari pada jaringannya. Seperti ISP B yang sudah memiliki banyak cabang dan relasi dalam penjalanan bisnis nya tersebut. Seperti kita lihat sendiri di INDONESIA ini sudah banyak sekali contoh-contoh ISP yang kita pergunakan sehari-harinya. Karena internet itu sendiri sangat lah kita butuhkan dalam kehidupan kita. Keberhasilan dari suatu ISP tidak terlepas dari pada strategi yang perusahaan terapkan.