Senin, 18 Oktober 2010

Analisa Situasi Pasar Penyelenggara Jasa Internet


Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada. Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan. Penilaian situasi biasanya pendefinisian dan penganalisaan pasar, dan analisa pesaing.

Pada umumnya situasi dari perkembangan dan produktivitas sebuah pasar dapat terlihat dari kebutuhan pembeli, tekhnologi yang semakin canggih dan terus di perbaharui, kekuatan ekonomi para produsen dan kegiatan persaingan para pesaing dari jenis produk tersebut.

Penyelenggara jasa Internet (disingkat PJI) (Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem ("dial-up") dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, Internet satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu "on", namun lebih mahal.

Disini saya akan mencoba menjelaskan dan menganalisa suatu produk internet servis provider. Pada saat ini banyak kita lihat persaingan antar 1 ISP(internet servis provider) dengan ISP lainnya. Dari perhitungan perebutan kecepatan bandwith local maupun interlokal. Kita sebut saja di sini ISP A dan ISP B. setelah saya sedikit analisis, pada ISP A merupakan suatu ISP yg baru dibentuk (baru dalam pembinaan). Disini ISP ini menawarkan beberapa fitur-fitur sebagai permulaan dari pada promonya sendiri. Hal layaknya seperti jika pemasangan internet gratis alat dan berlangganan internet servis 1 bulan. Tetapi terdapat kelemahan dalam ISP A tersebut yaitu, kelemahan dalam jaringan yang kurang memuaskan dan memadai. Selanjutnya akan saya bandingkan dengan ISP B, yang sudah cukup lama berkecimbung dalam bidangnya. Dan juga cukup dikenal khalayak ramai. Terdapat perbandingan yang mendasar pada ISP A dari ISP B ini, misalkan pada tariff yang jauh lebih tinggi. Dan memliki kelebihan sinyal yang cukup menjanjikan.


Terdapat beberapa hal-hal yang mempengaruhi konsumen. Misalkan:

•Kualitas: kualitas merupakan hal yang utama dalam penggunaan jaringan internet.
•Tarif : pada tarif, tentu saja konsumen menginginkan tariff yg lebih murah.
•Fiture : masing-masing ISP memiliki keunggulan dan fitur yang menarik minat konsumen.

Beberapa hal diatas sangat mempengaruhi konsumen dalam memilih ISPnya sendiri.